Kejurnas 2011

Kejurnas 2011

Rabu, 20 April 2011

Motor Grasstrack kelas Pemula

Apabila anda atau bro-bro sekalian ingin ikut ajang kejuaraan garuk tanah semisal grasstrack atau yang lain, dan ingin ikut kelas yang kira-kira murah ada kelas Bebek standar pemula, kelas ini bisa anda ikuti..syaratnya mudah kok, apabila anda punya motor bebek standar 110 cc, semisal Yamaha F1ZR langkah pertama anda dapat mengganti banya dengan ban khusus Motocross, lalu lepas bodi-bodi motor, ganti sok belakang dengan sokbreker Honda Tiger.
Perkuat rangka, lalu ubahan mesin di kelas bebek standar pemula tidak bisa terlalu berat..tp apabila ingin tarikan yang lebih yahud bisa gunakan rumah beserta kampas kopling Yamaha RXZ. selamat mencoba!!

Ada juga regulasi resminya dari IMI berikut ini :

Kelas Bebek Standard PEMULA
Yang dapat mengikuti kelas tersebut hanya pembalap yang mempunyai kategori Pemula.
Ketentuan kendaraan :
  • Besar cc : minimum 99 cc dan maximum untuk mesin jenis 2 langkah adalah 116 cc, untuk mesin jenis 4 langkah adalah 130 cc dan harus memakai spare part ( onderdil ) asli dari merk dan type kendaraan tersebut.
  • Yang boleh diganti : ban, schokabsorber belakang, gear depan dan gear belakang
  • Frame / chasis harus asli, hanya boleh diperkuat / dimodifikasi.Filter udara bebas.
  • Kipas boleh dilepas
  • Karburator boleh diganti, tetapi diameter inlet air passage maximum 22 mm
  • Magnit, karburator, cylinder head dan cylinder blok harus standart sesuai dengan aslinya tetapi boleh dibubut
  • Manifol harus standar hanya bagian dalam boleh dirubah (porting) serta posisi manifold tidak boleh dirubah, bentuk luar knalpot harus sesuai dengan standard aslinya, posisinya boleh dinaikkan, untuk 4 langkah Knalpot Bebas tetapi harus menggunakan Peredam.
  • Untuk 4 langkah batang klep bebas, diameter klep maximum 26 mm
  • Sistem suspensi depan harus sesuai dengan aslinya ( teleskopik, upside down dll ), suspensi depan boleh diganti dengan stock production dari merk dan jenis yang sama dan bagian dalamnya boleh dimodifikasi, boleh diperkuat bagian atas dan bawah, dan diperbolehkan menambah ketinggiannya maksimum 10 cm.
  • Tangki bensin sesuai aslinya
  • Handle bar / kemudi / setang boleh diganti dengan panjang maximum 70 cm
  • Swing arm sesuai aslinya, boleh diperkuat dan diperpanjang maximum 10 cm dan sudut kemiringannya bebas
  • Pedal rem belakang boleh dipindah / diganti.
  • Holder gas boleh diganti.
  • Langkah / stroke tetap tetapi diameter / bore boleh dirubah
  • Diperbolehkan memasang tensioner ( roda penahan ) pada rantai motor tersebut.
  • Dianjurkan memasang kopling tangan
  • WAJIB MENGGUNAKAN BAN MERK “SWALLOW” dengan ukuran pelek 16 “, 17 “ dan 19”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar